Saturday, February 16, 2019
Opini

Ulasan Pokemon Go Research

Pokemon Go Research

Semenjak mengetahui akan ada update untuk sistem quest di Pokemon Go, saya merasa tidak sabar untuk mencobanya. Dan akhirnya pada tanggal 31 Maret 2018 dikeluarkan juga fitur quest ini yang dibalut dengan tema riset (Research). Menurut saya, fitur ini merupakan pembaharuan dalam permainan Pokemon Go terbesar setelah EX Raid. Dan berdasarkan pengalaman saya memainkan selama lebih dari 1 minggu ini, memang menjadikan Pokemon Go lebih hidup dan semakin mendekati angan-angan saya dalam bermain Pokemon di dunia nyata.

Menurut saya dalam keseharian ada 2 situasi yang mungkin terjadi dalam bermain Pokemon Go saat ini:

  1. Bermain sendiri, aktivitasnya adalah puter pokestop, tangkap pokemon yang dilewati, battle dan rebut gym untuk dapat PokeCoin, cari Pokemon Rare, dan Raid tier 1,2 atau 3 jika level trainer sudah tinggi.
  2. Bermain rame-rame yang biasanya berkumpul untuk Lure Party dan Raid tier 4 atau 5.

Untuk situasi bermain rame-rame saya tidak akan bahas banyak di sini, karena ada tujuan bersama yang dilakukan, biasanya aktivitas ini memang seru dan tidak membosankan.

Untuk bermain sendiri ini yang mau saya soroti. Jika tidak ada pokemon bagus (langka atau butuh) yang dikejar biasanya ya rutinitasnya hanya putar pokestop, tangkap pokemon yang dilewati dan battle gym saja. Jadi terkesan monoton dan kurang adanya kejadian acak. Selain battle di gym, biasanya aktivitas tersebut saya serahkan kepada Pokemon Go Plus saja. Jadi kerap kali bermain sendiri seakan-akan menjadi rutinitas untuk mencari XP dan cari bola Pokemon saja bagi saya.

Sayapun jadi sadar, ternyata yang membuat permainan Pokemon Go ini tidak membosankan salah satunya adalah kejadian acak. Monster rare muncul, Raid Boss dengan IV bagus, shiny dsb. Nah fitur Research ini menambah keseruan Pokemon Go dengan menambahkan tujuan serta kejadian acak dalam mendapatkan riset. Dan inilah yang membuat pengalaman bermain Pokemon Go berubah. Bahkan rutinitas atau jalan yang biasa saya lalui terasa sangat berbada. Kini, saya bisa menikmati keseruan bermain Pokemon Go sendiri

Ada 2 jenis kategori Research saat ini, dan berikut adalah ulasan saya untuk keduanya :

Special Research

Pokemon Go Special Research

Research ini merupakan Story Mode dari Pokemon Go sekarang. Dan menurut saya ini seru banget. Beberapa kegiatan risetnya sangat mendukung untuk tema mencari Pokemon Mythical yang langsung diberikan oleh Professor Willow. Sebagai pemain lama, sebagian besar kegiatan riset yang ada mungkin akan terasa mudah dan bisa diselesaikan langsung dalam 1 hari jika kamu mau dan memenuhi kriteria yang ada.

Untuk pemain baru, saya merasa Special Research ini akan secara tidak langsung memberikan arahan dasar untuk mendapatkan pengalaman terbaik di Pokemon Go :

  • Transfer, tangkap dan evolusi pokemon untuk melengkapi Pokedex
  • Memperkenalkan adanya Pokemon yang lebih sering keluar waktu tertentu seperti malam atau pagi hari
  • melempar dengan lebih presisi
  • Membuat Trainers terbiasa dengan Raid
  • Dsb

Jika kamu pemain baru, silahkan menikmati Special Research ini dalam bermain. Karena untuk menuntaskannya membutuhkan :

  • Level Trainer minimal 25
  • Kanto Medal berwarna Gold (sudah mendaftarkan setidaknya 100 Pokemon di Pokedex)

Bukan perjalanan singkat dan beberapa aktivitas risetnya membutuhkan upaya yang cukup besar. Tapi pasti akan terasa seru karena kamu sekarang punya tujuan dalam bermain!

Field Research

Field Research Pokemon Go

 

Bagi solo players yang memang kesulitan untuk mencari teman atau tidak sempat untuk Raid tier 5, sekarang bisa mempunyai kesempatan dalam menangkap Pokemon Legendary. Memang kita harus lebih bersabar karena hanya bisa mendapatkan 1 Legendary per 7 hari melalui Research Breakthrough, tapi menurut saya ini masih lebih baik dibandingkan tidak ada kesempatan sama sekali.

Field Research ini juga berisikan berbagai aktivitas kita dalam bermain Pokemon Go, namun dengan adanya sistem Rewards per Research yang berhasil kita selesaikan, tentunya semakin memberikan motivasi bagi kita untuk melakukan hal yang menantang. Misalnya melempar 3 Excellent Throw berturut-turut. Kalau tidak ada rewardsnya pasti kita malas melakukannya. Banyak aktivitas Field Research yang memerlukan skill, dan ini tentunya bisa membuat kita menjadi Trainers yang lebih handal.

Karena dalam 1 hari juga kita bisa melakukan Field Research sepuasnya (dan bisa delete jika merasa kurang cocok atau terlalu sulit) kita bisa seru sendiri ketika bermain sendiri. Terlebih jika Special Research sudah diselesaikan, Field Research lah yang akan membuat kamu sibuk terus.

Saya merasa fitur Pokemon Research ini merupakan pembaharuan yang paling bisa menyenangkan banyak pemain, baik yang baru dan juga veteran (lama). Mereka yang tadinya tidak ada kesempatan mendapatkan Legendary, sekarang ada pilihan. ini adalah pembaharuan yang dibuat dengan sangat memperhatikan kebutuhan penggunanya, bukan cuma sekedar dari segi bisnis saja. Semoga Niantic bisa terus mempertahankan hal ini!

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apa pendapatmu untuk fitur Research ini? Berapa lama kamu menyelesaikan Special Research? Ayo coba sharing di bawah 🙂

Leave a Response